Tips Mudah Mengolah Sampah Kosmetik

Jum'at, 05 Juli 2019 - 13:30 WIB
Tips Mudah Mengolah Sampah Kosmetik
Tips Mudah Mengolah Sampah Kosmetik
A A A
JAKARTA - Sampah kosmetik tergolong sulit untuk didaur ulang. Akibatnya, industri kosmetik menjadi salah satu industri yang menyumbang limbah terbanyak pada lingkungan. Selain menjadi tanggung jawab produsen, pengguna kosmetik sebaiknya turut menjaga lingkungan dari sampah kosmetik.

Cara yang bisa dilakukan pun beragam. Sayang, masih banyak yang belum mengerti akan masalah ini. Lalu, bagaimana caranya? Seperti dikutip Sociolla, ada beberapa cara mengolah sampah kosmetik .

1. Jadikan sebagai wadah travel size
Membawa produk skin care yang memiliki ukuran besar saat bepergian memang terasa merepotkan. Belum lagi jika Anda bepergian menggunakan pesawat, ada batasan ukuran cairan yang boleh di bawa masuk.

Alih-alih membeli produk baru dengan travel size, Anda bisa memanfaatkan botol produk bekas yang memiliki ukuran kecil. Sebelum memindahkan isi produk ke dalam botol bekas, pastikan Anda sudah mencucinya menggunakan sabun dan air hangat, lalu biarkan hingga mengering. (Baca juga: Jason Ranti dan Bisma Karisma Dipaksa Main di Film Koboy Kampus ).

2. Gunakan sebagai pot tanaman
Salah satu cara menarik untuk mengolah sampah kosmetik adalah dengan menjadikannya sebagai pot tanaman. Anda bisa memilih tanaman yang tidak membutuhkan terlalu banyak perawatan dan cocok disimpan di dalam ruangan, seperti succulents atau kaktus. Sebelum menggunakan ulang jar kosmetik sebagai pot tanaman, pastikan Anda telah mencucinya hingga tidak ada residu yang tertinggal.

3. Jadikan untuk wadah skin care DIY
Selain dapat digunakan sebagai wadah travel size, Anda juga bisa menggunakan botol dan jar bekas untuk menyimpan hasil skin care DIY. Namun, pastikan memilih botol yang kondisinya masih bagus. Untuk jar berukuran kecil, bisa Anda gunakan sebagai wadah DIY scrub, sedangkan jar yang berukuran besar bisa digunakan sebagai wadah pre-soaked toner pad.

4. Sumbangkan ke tempat penampungan yang tepat
Tak masalah jika Anda ingin membuang sampah kosmetik yang dimiliki. Bersihkan bagian dalam botol menggunakan air untuk mempermudah proses daur ulang. Selain itu, lepaskan juga label yang masih menempel pada kemasan produk. Setelah kemasan kosmetik bersih, Anda bisa menyumbangkan botol-botol ini ke tempat penampungan sampah plastik.

5. Kembalikan ke brand
Saat ini sudah banyak brand yang memiliki program daur ulang. Menariknya lagi, program ini juga dilengkapi dengan sistem reward untuk konsumen yang mengikutinya. Beberapa contoh brand yang menjalankan program ini adalah Innisfree, The Body Shop, dan Sensatia Botanicals.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5779 seconds (0.1#10.140)